[Edisi 2013] 2 Jurusan Berprospek Tinggi Masa Depan

Standar
[Edisi 2013] 2 Jurusan Berprospek Tinggi Masa Depan

Masih bingung milih jurusan? Ya, setelah kenaikan kelas, Siswa-siswi yang tadinya merupakan kelas 11 menjadi kelas 12. Tentunya, mereka sudah mulai sibuk memilih Jurusan. Banyak faktor yang memengaruhi seseorang untuk memilih jurusannya, seperti prospek kerjanya, bidang kesukaan dan cita-citanya, permintaan orang tua, dan sebagainya. Ya, Kali ini saya akan berikan informasi tentang 2 jurusan yang masih belum banyak dikenal masyarakat, namun memiliki prospek yang besar kedepannya.

Langsung saja, apa itu?

1. Studi Geothermal

Geothermal adalah energi alternative yang berasal dari Panas Bumi. Energi panas bumi ini dapat diperbaharui dan juga terdapat sangat banyak di Indonesia. Indonesia memiliki 40% dari total seluruh sumber potensi geothermal dunia. Meskipun  begitu, Indonesia masih jauh dari memanfaatkannya secara maksimal. Sekarang, eksploitasi sumber panas bumi dipegang oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dan beberapa perusahaan diberikan izin untuk mengembangkan potensi sumber panas bumi di beberapa titik. Di tahun 2014, pemerintah merencanakan untuk mengembangkan 44 titik sumber panas bumi baru. Nah, bisa terlihat kan kira-kira dalam beberapa tahun ke depan industry ini akan sangat maju dan lulusannya sangat di butuhkan.

Dimana kuliah jurusan geothermal? Di ITB sekarang sudah ada di Fakultas Teknik Tambang dan Minyak (FTTM)** (Sejauh ini saya hanya tau ITB yang punya jurusan ini, belum nyari univ lain,tp dengar UGM punya juga). Tapi karena saya bukan mahasiswa FTTM, saya hanya bisa menyampaikan informasi yang saya dapat dari orang-orang. Katanya, untuk studi Geothermal, spesialisasinya akan diambil di S2, jadi seperti dokter saja, untuk S1 ambil dasar pertambangan dulu di FTTM. Dan untuk S2 spesialisasi teknik panas bumi di ITB kabarnya sudah ada, dan dosen-dosennya merupakan lulusan dari NZ dll juga. Namun untuk yang ingin memperdalamnya di luar negeri, juga sangat bagus. Saya berharap Indonesia punya banyak tenaga ahli sendiri, supaya tidak dibodohi negara lain. Sampai saat ini, kita masih sedikit banyak bergantung pada Negara lain lho, seperti pertamina menjalin kerja sama untuk mengedukasi mahasiswa-calon pekerja pertamina geothermal energy- di New Zealand. Bagaimanapun, kita tetap harus mengawasi kerja sama ini dengan jeli, tentunya kita tidak ingin kasus Freeport terulang lagi. Saat ini Negara yang terkenal bagus pendidikan geothermalnya adalah New Zealand (University of Auckland) dan Islandia. New Zealand saat ini juga sedang memberikan banyak sekali beasiswa studi Geothermal untuk pelajar Indonesia. Untuk yang mau kuliah di luar, saya berharap banyak yang mau kembali ke Indonesia lagi, karena rata-rata disitulah lemahnya, banyak lulusan luar negeri asal Indonesia yang berprestasi namun memilih untuk mengabdi pada Negara lain. Percaya dengan kekuatan kita bersama, kita bisa untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju! Buat kamu, terutama para cowok, sangat dibutuhkan disini ^)^

**Selain di FTTM, juga bisa di Teknik Geologi katanya🙂 Lalu lanjutkan ke S2 Geothermal.

2. Teknik Lingkungan

Apa itu teknik lingkungan? Daripada ribet mikirin definisi, intinya teknik lingkungan itu mempelajari gimana mendampingi para pembangun untuk melakukan pembangunan ramah lingkungan, melestarikan lingkungan, memelihara kesehatan manusia ditengah gencarnnya pembangunan, dan menyelesaikan permasalahan lingkungan dengan pendekatan teknologi. Nah, jurusan ini cocok untuk kamu-kamu yang memang care terhadap lingkungan, Prospek kerja teknik lingkungan antara lain:

1)      Instansi pemerintah (tim ahli lingkungan hidup di departemen teknis maupun non teknis seperti PU, ESDM, Depdagri, Kimpraswil, PDAM, BAPEDALDA, Departeman Kelautan dan Perikanan, Pertamina, Kementerian Lingkungan Hidup, Dept. Kesehatan, Dept. Pertanian, Dept. Perindustrian & Perdagangan, Dept. Kehutanan)

2)      LSM/NGO Lingkungan Hidup (WWF, WHO, WALHI, Greenpeace, dll)

3)      Industri (Pada bagian Safety Health & Environment (SHE) dalam sebuah industri, lulusan Teknik Lingkungan dibutuhkan terutama sebagai environmental engineer/manager, misalnya pada industri migas & pertambangan (Schlumberger, Total, Chevron, KPC), industri makanan dan minuman (Indofood, Ultrajaya), industri lainnya)

4)      Konsultan (konsultan AMDAL, konsultan perancangan bangunan pengolah air minm dan air limbah, dll).

Teknik Lingkungan terbukti semakin dibutuhkan. Buktinya, sekarang sedang maraknya pemberitaan bahwa Singapura tertutup Asap dari Pembakaran Hutan di Indonesia, dan Pemerintah RI-Singapura sedang kalang kabut untuk mencari solusinya. Nah, semakin banyak lulusan-lulusan muda kreatif dari teknik lingkungan, insya allah bisa memberikan harapan kedepannya. Satu lagi, sekarang sedang gencarnya pembangunan sumber energy baru geothermal di Indonesia, namun ada satu halangan besar untuk pemanfaatan energy ini, yaitu sekitar 80% sumber energy geothermal berada di kawasan hutan konservasi, padahal energy ini sangat penting dan harapan baru bagi para pengguna energy fosil yang tak lama lagi akan habis.  Kita sangat butuh solusi untuk ini bukan? Sepertinya mahasiswa teknik lingkungan akan mempunyai beberapa PR, salah satunya untuk menemukan cara bagaimana untuk tetap melakukan pembangunan tanpa merusak dan merugikan lingkungan sekitar. Ayo Semangat calon-calon mahasiswa Teknik Lingkungan!

Itulah 2 jurusan yang berprospek tinggi di masa depan. Oya, penulis mempunyai pesan. Pilih lah jurusan yang benar-benar sesuai dengan minat dan bakat kamu, Jangan dari prospeknya saja. Kalau kamu benar-benar ada interest pada pelestarian lingkungan, proses pelacakan dan penggalian sumber energy, ingin berkontribusi untuk menyediakan energy baru yang sangat diperlukan masyarakat, maka pilihlah 2 jurusan diatas J. Kalau kamu emang klik sama jurusannya, kamu jadi bisa lebih fokus untuk mengasah Hard-Skills dan Soft-Skills (co : Sikap yang baik,Kemampuan adaptasi,motivasi,kemampuan menyelesaikan masalah,pembelajar aktif,kemampuan membuat keputusan, kemampuan menganalisa,komitmen untuk terus berkembang,loyalitas, punya jaringan  luas, kemampuan berbicara,kemampuan organisasi, dsb. ) ,yang sebenarnya inilah yang dicari oleh perusahaan kelak. Sarjana memang banyak, tapi yang punya kualitas lah yang ga akan nganngur nantinya.🙂 Salam.

Cr : Dari Berbagai Sumber & Aspirasi Penulis. Minta maaf untuk segala kekurangan jika terdapat di post ini.

About Clara Cleopatra

I'm an Ordinary Girl, but I dare to dream many extraordinary things, and I believe Insyaa Allah, my dreams will come true. I have been enjoying inspiring posts from great people and I started wishing to be inspiring like them. Even though I may be not as good as them yet, I hope now, tomorrow,and forever, this blog will share something meaningful and inspiring that can make people also believe to make their dreams come true. My Love, Allah.

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s